Search it here

Rabu, 20 Juli 2016

Aged Jobseeker (3) : Jobfair Hunter!

Setelah melalui serangkaian penipuan yang berakhir tak tertipu :-), akhirnya aku mulai mencari informasi mengenai jobfair yang mungkin saja akan diadakan dalam waktu dekat ini.

Seperti biasa, aku yang selalu tanpa persiapan dan tanpa perencanaan tidak menyadari bahwa saatku memutuskan resign (Juli) adalah saat dimana Lebaran baru saja usai yang berarti gelombang urbanisasi untuk mencari pekerjaan yang lebih baik  di Jakarta semakin besar yang berkorelasi positif dengan semakin kecilnya peluangku mendapatkan suatu posisi pekerjaan di sebuah perusahaan.

Selain itu, bulan ini - juli,agustus - adalah bulan di mana banyak lulusan universitas baru (fresh graduated) yang mulai berkeliaran kesana kemari untuk mencoba peruntungan di dunia kerja yang sesungguhnya. Menyikapi hal tersebut, aku yang notabene lulusan tahun 2012 dengan usia mepet ini mau tidak mau harus mulai bisa dengan sendirinya menyaring lowonan kerja mana saja yang bisa kumasuki mengingat - tanpa menutup mata - lulusan baru ini PASTI dibekali dengan pengetahuan, skill, dan kemampuan yang lebih matang dibandingkan dengan lulusan mahasiswa pada eraku.

Lupakan pengantar yang menyedihkan itu :p.
Mari kita lanjut dengan pengalaman mengikuti jobfair yang telah - ya... setidaknya - kucoba selama mencoba peruntungan di Ibu Kota Negara tercinta ini. Setelah mengutak-atik twitter yang biasanya menjadi sumber utama informasi berseliweran dengan sekilas, akhirnya aku menemukan jadwalevent.web.id yang secara gamblang membantu menyampaikan jobfair apa saja dan di mana saja yang akan berlangsung selama bulan Juli 2016 ini. Akhirnya, setelah menyeleksi, aku memutuskan mengikuti beberapa jobfair yang tentunya sudah kusesuaikan dengan kemudahan aksesnya menggunakan transjakarta atau KRL, karena aku tidak mau bersusah payah mengingat rute angkot, kopata, kopaja, apalagi bajaj (yang keamanan dan ongkosnya bisa sangat mahal untuk ukuran seorang pengangguran) karena akan sangan tak terbayangkan masalah apa yang akan mendambah penderitaan seorang pengangguran di Jakarta jika salah naik angkot apalagi bajaj.

1. Jobfair Jakarta Selatan 

Tanpa sempat mengroscek bagaimana skala dan siapa saja peserta event jobfair ini aku langsung mengecek transportasi apa saja yang memungkinkan aku untuk mengikutinya. Seperti biasa, Transjakarta dan atau KRL menjadi pilihan utama dan tentu saja aku memutuskan untuk menggunakan public transportation itu di luar jam sibuk (setelah jam 9 pagi) untuk menghindari bejubelnya pengguna yang akan sangat mengganggu penampilan maksimalku untuk mengikuti jobfair - kan gak seru kalo interview dengan muka kusut, rambut acak-acakan dan bau yang semerbak buruk :D.

Jobfair ini dilangsungkan di Gelanggang Remaja Pasar Minggu pada Tanggal 18-20 Juli 2016 dan aku memutuskan untuk datang pada hari pertama untuk menjemput pekerjaan yang mungkin saja sudah menungguku sejak lama.

Mengingat pasar minggu merupakan tempat yang hanya akrab di telingaku tapi tidak akrab di kakiku, maka akhirnya dengan memberanikan diri aku menggunakan kombinasi dari Transjakarta dan KRL dengan rute  TJ : Sumber Waras - Harmoni - Juanda ; KRL : Juanda - Pasar Minggu, ya, aku langsung membelah jakarta :D. dan ditambah jalan kaki tentunya sekitar 900 meter dari stasiun pasar minggu ke TKP - cukup untuk tanning kulit dan mandi Vitamin D. 

Sampai di lokasi Jobfair tidak ada keriahan yang berlebihan seperti layaknya ajang Jobfair lainnya. Sepi. Setelah memberanikan diri akhirnya aku menyamperi sebuah meja berisikan 2 orang lelaki yang kutaksir usianya lebih muda dariku yang memegang lembaran yang ternyata adalah formulir pendaftaran peserta. Kuambil lalu kuisi dan kubawa ke lantai 2 ke meja registrasi yang juga dijaga 2 orang pria (hmmm, mereka suka memsangkan pria dengan pria :D), membayar Rp.25.000,- dan menyerahkan tanganku untuk mereka nodai dengan stamp - setelah seelsai jobfair  terbaca URGENT (seolah-olah tahu isi hatiku yang lagi urgent menanti jodoh,, eeh pekerjaan maksudnya)

Setelah masuk kedalam, alangkah terkejutnya aku, peserta jobfairnya tidak lebih dari 20 perusahaan yang duduk dibalik meja ala sekolahan jaman dulu dan dilengkapi Roll Banner dengan informasi alakadarnya dibuat mengelilingi lapangan yang kuduga sebagai lapangan basket. Never undersetimate apalagi mengejudge hanya dari tampilannya, siapa tau pesertanya ini adalah perusahaan bonafide yang menawarkan posisi menjanjikan denga gaji yang menggiurkan? iya gak. Dan setelah selesai kukelilingi dalam 15 menit, setidaknya hanya 3 perwakilan perusahaan asli yang ada dan 2 diantaranya cukup menjanjikan sedangkan sisanya adalah lembaga outsourcing. Aku sendiri saat itu mengedrop CV ke 3 tempat yaitu MGM(kalo gak salah), CIMB dan satunya lupa.

Dari ketiga perusahaan tersebut yang paling menarik adalah CIMB yang sepertinya standnya (meja,red) dijaga oleh sales Go Mobile karena saat mendaftar mereka memastika nomor handphone aktif dan ada pulsa (catet, ada pulsa minimal 1000 rupiah) kemudian menyuruh kami menunggu sesaat sambil mereka menekan-nekan layar smartphone nya dengan latar aplikasi dan mengonfirmasi kami apakah menerima nomor regirtrasi (yang saat itu kukira sebagai nomor registrasi calon karyawan) dan meminta kami mengejanya sembari menginput ke HP mereka dan sejurus kemudian masuklah SMS ucapan terima kasih telah melakukan Registrasi GO Mobile/Rekening Ponsel CIMB (ingat, mereka tidak menyampaikan ini sebagai registrasi Go Mobile tapi ini syarat mendaftar.)

Aku menyelesaikan jobfair tersebut hanya dalam waktu 20 menit dan akhirnya memutuskan untuk kembali ke kosan sembari menangkap Pokemon :D - oh iya aku dapat Bellsprout CP 350 lhooo :D

hint lokasi : Sepanjang Jalan dari  Gelanggang Remaja sampai Stasiun Pasar Minggu


2. Mega Career Expo Jakarta

Setelah mengikuti Jobfair alakadarnya (tanpa mengurangi rasa hormat sama sekali) selanjutnya aku mengikuti Jobfair yang diadakan di  Gedung SMESCO Exebition Hall pada tanggal 19-20 Juli 2016. Berbekal pengalaman sebelumnya, aku memutuskan untuk sedikit mencari tahu siapa penyelenggara dan siapa saja yang berpartisipasi di Jobfair ini. Setelah itu mempelajari penyelenggara dan pesertanya akhirnya aku memutuskan untuk mengikutinya dan tentunya mengecek rute Transjakarta atau KRL terlebih dahulu. Bagusnya adalah, aku tidak perlu berjalan kaki terlalu jauh dari halter terderkat ke TKP dan tidak perlu berganti moda transportasi.

Naik dari Sumber Waras dan transit ke Grogol 2 ke arah Pinang Ranti aku akhirnya turun di halte Pancoran Barat dan kemudian Jalan kaki sejauh 200an Meter untuk ke TKP. Saat tiba di lokasi antrian pencari kerja yang walaupun sudah lusuh tetap cantik-cantik.  Mengambil formulir, mengisinya sembari mengantri (Karena kalau mengisi dulu baru antri dijamin aku akan lebih lama bisa masuk kedalam venue jobfair ini.

Biaya pendaftaran Rp.40.000, Sebelum membahas siapa saja pesertanya ada yang menurutku menarik dan sedikit memaksa peserta untuk membeli produk tertentu. Di meja registrasi sudah ada beebrapa produk sponsor berupa Kopi Schet CBA, Permen Pelega Tenggorokan, paket pembersih wajah yang dibintangi Pevita Pearce, dan satu buah CD album artes antah berantah yang tak tau siapa orangnya jebolan mana dan bagaimana suara dan wajahnya.

Di meja registrasi semua petugas registrasi akan otomatis menyebutkan tidak ada uang kembalian ketika kita mengeluarkan pecahan seratusribuan dan limapuluhribuan yang kemudian disambut gayung oleh sales wanita dibelakangnya yang kemudian : "udah mbak/mas, tambah 10.000 aja lagi bisa dapat CD dan Kopi/Paket pembersih wajah" yang kemudian mau gak mau di "iya" kan oleh sebagian besar pencari kerja saat itu. Menurutku ini sedikit memiriskan karena sebagai event organizer seharusnya mereka siap dengan segala kemungkinan yang akan terjadi termasuk menyiapkan kembalian Rp.10.000an. kecuali memang sudah diarahkan untuk membantu penjualan CD album artis tertentu guna menyaingi Ayam Goreng Krispi Eentertainment.

Secara keseluruhan, jobfair ini sangat menjanjikan karena diikuti oleh perusahaan-perusahaan besar baik dari perbankan, industri, penerbanga, sampai media. Selain itu, adak dek Pevita  yang memberikan pengetahuan dan pengalamannya dalam mencari pekerjaan sejak kelas 6 Sekolah Dasar. Aku sendiri memasukan lamaran ke 5 Perusahaan berbeda bidang, inilah.com, perusahaan retailer alat tulis, astragroup, manulife dan 2 lainnya lupa :D. Dan alhamdulillah jumat siang besok aku akan mengikuti psikotest di salah satu perusahaan yang kulamar, doanya ya... :D

Begitulah kiranya pengalamanku mengikuti Jobfair di Jakarta, semoga salah satu dari sekian banyak perusahaan yang kulamar mau menerima pinanganku dan menjalin hubungan profesional selanggeng-langgengnya sampai kakek-nekek, Selain itu, masih ada 2 Jobfair  lagi yang rencananya akan kuikuti mengingat CV ku masih tersisa 4 Exampelar. yaitu Indonesia Career Expo Jakarta di Gedung SMESCO Exebition Hall pada tanggal 22-23 Juli 2016 dan Kompas Karier Fair - Jakarta  di Balai Kartini tanggal 22-23 Juli 2016

Wish Me Luck!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar